Pembukaan Latsar CPNS Kemhan

HANKAM1154 Dilihat

JAKARTA, bacaberita.id – Senin 17 Juli 2023, Kapusdiklat Tekfunfjan Dra. Endang Purwaningsih, M. Si.,M. Si. mewakili Kabadiklat Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos membuka Latsar CPNS Kemhan Golongan III Gelombang VII dan VIII TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat KemhanSalemba Jakarta.

Dengan dilaksanakanya Pendidikan tersebut, diharapkan Core values ASN dapat diperkenalkan dan diimplementasikan secara nasional melalui pendidikan Latsar CPNS yaitu ASN BerAKHLAK dalam mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. Core values ASN BerAKHLAK yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia merupakan kepanjangan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang harus terimplementasikan dalam tugas sehari-hari, yang penuh dengan dinamika. Selain nilai-nilai dasar tersebut, penerapan teknologi informasi era revolusi industri 4.0 juga diterapkan dalam rangka menghadapi fenomena disruptive innovation, yang menuntut digitalisasi di berbagai bidang saat ini dan masa mendatang.

Pada kesempatan pembukaan Pendidikan kali ini juga disampaikan Kabadiklat Kemhan melalui sambutanya menyampaikan bahwa, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset terpenting dalam setiap organisasi, yaitu SDM yang berkarakter dan profesional. Dalam rangka pembentukan karakter dan pengembangan kompetensi SDM, Badiklat Kemhan melalui Pusdiklat Tekfunghan selaku lembaga pelatihan terakreditasi LAN RI mempunyai tanggung jawab ikut serta membentuk karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional sesuai bidang tugas. Salah satunya melalui Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kemhan sebagaimana dilaksanakan saat ini.

Latsar CPNS merupakan pelatihan yang terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang tugas. Untuk itu, Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan menyelenggarakan pelatihan yang inovatif dan terintegrasi, yaitu penyelenggaraan pelatihan yang memadukan pembelajaran klasikal dan nonklasikal di tempat pelatihan dan di tempat kerja. Dengan demikian memungkinkan peserta mampu menginternalisasi, menerapkan/ mengaktualisasikan dan membuatnya menjadi kebiasaan (habituasi), serta merasakan manfaatnya, sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS Kemhan yang profesional sesuai bidang tugas.

Mengacu pada Keputusan Kepala LAN RI Nomor 13/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Latsar CPNS, maka pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan metode Blended Learning yakni penggabungan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi serta pembelajaran secara tatap muka atau klasikal yang diselenggarakan pada pekan akhir pelatihan setelah pelaksanaan aktualisasi.

Latsar dilaksanakan selama 74 hari kerja, terhitung mulai mulai tanggal 17 Juli hingga 24 Oktober 2023, diikuti oleh 80 personel CPNS berasal dari satuan TNI AD.

Pada Gelombang VII CPNS Kemhan diawali kegiatan MOOC dari 17 Juli – 04 Agustus 2023, E-Learning 05 Agustus – 31 Agustus 2023, Aktualisasi 01 September – 04 Oktober 2023 serta Klasikal dilaksanakan 06 – 12 Oktober 2023. Selanjutnya secara simultan Gelombang VIII CPNS dilaksanakan pada tanggal 17 Juli s.d. 24 Oktober 2023, MOOC 17 Juli – 04 Agustus 2023, E-Learning pada 15 Agustus – 09 September 2023, tahap Aktualisasi 11 September–16 Oktober 2023 serta Klasikal/Tutup pada tanggal 18 – 24 Oktober 2023.

Akomodasi selama melaksanakan Pendidikan para peserta melaksanakan pembelajaran e-learning di kediaman atau satuan masing-masing, sedangkan pada saat pembelajaran klasikal (tatap muka) akomodasi bagi seluruh peserta diasramakan di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan di jalan Salemba I no.25 Jakarta.

Pemberi materi berasal dari widyaiswara Pusdiklat tekfunghan dan pejabat fasilitator dari Biro kepegawaian Setjen Kemhan.

Turut hadir pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Kemhan Golongan III Gelombang VII dan VIII TA. 2023 Waaspers Kasad, Kabag Adabangpeg Ropeg Setjen Kemhan, Komdiklat Setbadiklat dan perwakilan Pusdiklat Badiklat Kemhan dan perwakilan Eselon III dilingkungan Badiklat Kemhan.