Gebyar Bulan Dirgantara, Lanud Suryadarma Sajikan Event Spektakuler

ANEKA452 Dilihat

SUBANG,channel-indonesia.com    Lanud Suryadarma menyajikan event-event spektakuler yang edukatif, inspiratif, rekreatif dan menghibur dalam Gebyar Bulan Dirgantara Indonesia (BDI), dalam rangka memeriahkan ke-73 HUT TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan di Apron Pusdik Terbang Layang (Pusdikterla) Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Minggu (28/4/19).

Kegiatan yang didahului dengan acara gowes bareng yang dilepas langsung oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T Sembiring Meliala didampingi Komandan, bupati Subang H. Ruhimat dan para pejabat forkopimda Kabupaten Subang, dengan mengambil titik start di depan baseops Lanud Suryadarma yang di ikuti oleh ribuan penggemar sepeda atau gowes.

Adapun rute gowes kali ini, para peserta dimanjakan dengan trek sepanjang kurang lebih 10 Kilometer dengan melintasi tiga perkebunan yaitu kebun singkong, kebun karet, dan kebun tebu.

Danlanud Suryadarma berharap,  bulan Dirgantara Indonesia yang merupakan even tahunan yang juga rangkaian meriahkan peringatan Hut ke-73 TNI AU yang jatuh pada 9 april yang lalu ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Salah satunya melalui event bersepeda ini,  selain untuk menjaga kesehatan juga menjadi ajang silaturahmi antara jajaran Lanud Suryadarma dengan institusi lain dan masyarakat di wilayah Purwakarta,  Subang, dan Karawang (Purwasuka).

“Untuk itu, beragam acara telah disiapkan untuk bisa menghibur masyarakat khususnya di lingkungan Lanud Suryadarma,”kata Danlanud

Danlanud menjelaskan, bahwa selain sepedahan ada juga lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak TK/PAUD sekaligus menggelar statistic show (Wisata Dirgantara) yaitu menampikan pesawat-pesawat kebanggan Lanud dan lainnya.

“Hari ini juga kita selain memberikan hadiah uang pembinaan dan piala kepada para pemenang lomba mewarnai dari Paud dan TK. Mereka diberikan kesempatan untuk Joyflight/naik pesawat helikopter jenis Caracal didampingi orang tuanya masing-masing,”jelasnya.

Selanjutnya menurut Danlanud,  mengenai program Bakti sosial seperti bantuan rehab rumah dan mushola kepada masyarakat sampai saat ini tetaplah berlanjut.

“Tapi kita sekarang ini sedang melaksanakan rehab mushola Nurul Hidayah yang berada di Desa Ciruluk Kecamatan Kalijati Kab. Subang,”urainya.

Pada kesempatan itu juga Kepala Dinas Operasional (Kadisops) Lanud Suryadarma Kolonel  Pnb Antonius Adi yang juga sebagai Kordinator acara dalam BDI di Lanud Suryadarma menambahkan, bahwa kegiatan peringatan BDI ini pihaknya telah menyiapkan beragam pertunjukan yang dapat menghibur masyakarat.

“Pada kesempatan ini kita tampilkan dynamic pegasus show, ada 6 helikopter EC120B Colibri yang disiapkan dan unjuk kebolehannya dengan beragam atraksi diatas langit.  Ada juga paramotor dan terjun payung serta refling pasukan Khas TNI AU yang berada di Lanud Suryadarma,”katanya.

Ia menjelaskan, untuk Static Show yaitu wisata dirgantara kita juga telah menyuguhkan pesawat Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Senjaya Bogor, Douphin dari Basarnas, dan pesawat yang legendaris yaitu gelatik dan glender serta Rudal.

“Kegiatan tersebut juga para pengunjung dan para peserta gowes ini pun dihibur dengan musik musik pop dan musik dangdut.  Belum lagi pameran bazzar dari para sponsor acara yang ikut menyemarakan acara,”pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Subang H. Rohimat, ketua DPRD Kabupaten Subang Ir Beni, Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Taufik Arasj, Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni, Para Kadis dilikungan Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/D 1 Lanud Suryadarma Ny. Alem Sembiring beserta para pengurusnya, para pejabat dan para perwira Lanud Suryadarma, serta undangan lainnya.(Arko).