Jalasenastri Menkav 2 Mar Gelar Pelatihan Membantik Ecoprint

ANEKA623 Dilihat

SURABAYA,channel-indonesia.com– Ketua Cabang 5 Jalasenastri Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar) Ny Arif Handono memimpin pelatihan ketrampilan membatik ecoprint di Gedung Cabang 5 Jalasenastri, Semarung, Ujung, Surabaya, Jumat (20/09/2019).

Ny. Arif Handono  orang nomor satu di jajaran Jalasenastri Menkav 2 Mar  dengan sabar dan telaten  menularkan proses dan tehnik pembuatan batik ecoprint kepada ibu-ibu Jalasenastri lainnya yang biasanya berkutat dengan kegiatan dirumah.

“Membatik ecoprint ini merupakan tehnik cetak yang menggunakan pewarna alami. Tehnik yang digunakan sangat sederhana dan berbiaya murah, karena tidak melibatkan mesin atau cairan kimia namun menggunakan pewarna alami dan berasal dari ekstrak berbahan tanaman, seperti Jati (Tectona grandis), Jarak (Ricinus communis), Kersen (Muntingia calabura), daun ungu (Graptophyllum pictum) serta bunga dari tanaman lain yang berwarna warni,” ujar Ny Arif Handono.

Lebih lanjut Ny Arif Handono menjelaskankan bahwa tehnik ecoprint bisa diaplikasikan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun bahkan sutera, yang mampu menyerap warna dengan baik. Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik. Pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata.

Turut serta dalam pelatihan tersebut, Wakil Ketua Korcab Pasmar 2 Ny Herry Djuhaeri, Wakil Ketua Cabang 5 Ny. M.Rizal, Ketua Seksi Organisasi Cabang 5 Ny. Tommy Dwijanto, Ketua Seksi Sosial Cabang 5 Ny. Jumarlang, Ketua Seksi Budaya Cabang 5 Ny. Iwan Permana, Sekretaris Cabang 5 Ny. Jaka Sulistiana Putra dan Ibu-ibu Jalasenastri serta Pabinhar Mayor Mar Agus Handoyo.(Dispen Kormar/munir)