Koramil Pesantren Latih Tim Paskibraka Siswa SMAN 2 Kediri

HANKAM661 Dilihat

KEDIRI,channel-indonesia.com– Dua anggota TNI AD dari Koramil 0809/02 Pesantren Kota Kodim Kediri memberi pelatihan dasar Pasukan Semangat Remaja Kibar Bendera (Paserka) kepada siswa siswi SMAN 2 Kota Kediri sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang dilaksanakan di Gedung SMAN 2 Kota Kediri, Sabtu (1/2/2020).

Dalam Pelatihan Dasar Paserka yang diberikan kepada siswa – siswi ini dibagi terdiri dari kelompok inti, petugas menaikkan dan menurunkan Bendera Merah Putih kemudian kelompok pasukan pengawal dan pasukan sebagai cadangan.

Dua anggota Koramil 0809-02/ Pesantren yakni Serka Bimo dan Sertu Tri Wisnu secara langsung melatih tentang teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibra untuk melaksanakan tugas. Kekompakan anggota Paskibra tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi.

“Pembinaan dan pelatihan dasar Paserka tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan Paskibra adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran,” terang Kapten Puguh B (Danramil 02/ Pesantren Kota Kediri).

Lanjut Kapten Puguh B, sebagai pelatih Paskibra ini bukan tugas yang mudah dan cukup berat karena tanggung jawab dalam melatih siswa siswi terpilih untuk menjadi Paskibra yang berhasil harus disiplin, mau berlatih dengan keras terus mempunyai mental yang kuat dan mempunyai fisik yang prima serta semangat yang tinggi.

“Saya yakin bisa berhasil dan sukses melaksanakan tugasnya untuk melatih dan mendidik Paskibra bagi siswa – siswi SMAN 2 Kota Kediri dalam mengemban tugas pengibaran Bendera Merah Putih tiap hari PHBN maupun tiap tanggal 17 Agustusan pada Upacara Hari Kemerdekaan RI di wilayah Kecamatan Pesantren Kota Kediri maupun ditempat lainnya. “tandasnya.(Penrem 082/munir).