Serda Rusdi Manfaatkan Lahan Koramil, Budidayakan Tanaman Porang

HANKAM559 Dilihat

KOLTIM, channel-indonesia.com – Budidaya tanaman porang Serda Rusdi Babinsa Koramil 1412-06/Mowewe aktif dalam pemeliharaan tanaman porang di samping Kantor Koramil, di Kel Inebenggi Kec Mowewe Kab Kolaka Timur. Sabtu (12/12/20).

Lanjut Babinsa mengatakan untuk kegiatan hari ini bedah dengan hari hari sebelumnya yang dari awal hanya merawat dan membersihkan tanaman bibit porang sekarang waktunya untuk di tanam, sebenarnya kami sangat bersyukur yang semulanya masih kecil mulai dari bibit hingga sudah besar dan siap untuk di tanam walaupun saat sekarang belum bisa di panen, ungkap Serda Rusdi.

Serda Rusdi selaku Babinsa Setempat menjelaskan, “Tanaman Porang masuk dalam jenis umbi-umbian dan juga termasuk ke dalam jenis tanaman obat. Kandungan glukomanan yang dimilikinya menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, diketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain, Ucapnya

“Manfaat  tanaman Porang untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu, mengendalikan kadar kolesterol, mengatasi sembelit, merawat kesehatan kulit, membantu menjaga berat badan, mencegah dan mengatasi diabetes, menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker, khususnya kanker usus”, ungkapnya.

Serda Rusdi juga mengatakan, “Tanaman Porang selain untuk kesehatan, memiliki manfaat lain seperti, bahan baku tepung, digunakan untuk pembuatan kosmetik, bisa digunakan sebagai penjernih air dan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan”, terangnya.

Semoga apa yang kami lakukan selama ini dapat membuahkan hasil dan berharap nantinya bisa mencapai hasil yang maksimal dan sesuai apa yang di harapkan oleh Komando atas, Tutupnya. (Arif)