Pangdam XII/Tpr Terima Kehormatan Buka Ramin Bantang Bengkayang

HANKAM562 Dilihat

BENGKAYANG – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab mendapat kehormatan dari Gubernur Kalimantan Barat untuk membuka kunci pintu rumah adat dayak Ramin Bantang saat mendampingi Gubernur Kalbar meresmikan Ramin Bantang Bengkayang yang dilaksanakan sekaligus pada acara pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 di rumah adat dayak Ramin Bantang, Jalan Raya Sanggau Ledo, Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Pembukaan kunci pintu rumah Ramin Bantang oleh Pangdam XII/Tpr merupakan rangkaian acara yang menandai diresmikannya Ramin Bantang Kabupaten Bengkayang. Yang sebelumnya diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum., didampingi Forkopimda Kalbar, yang juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan bambu.

Peresmian Ramin Bantang bertepatan dengan digelarnya acara Pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 yang diselenggarakan oleh Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat di Bengkayang. Festival budaya Dayak ke-1 kali ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar.

Festival Budaya Dayak pertama kali di Kalbar ini dipusatkan di Ramin Bantang Kabupaten Bengkayang yang akan digelar mulai tanggal 7 Juli sampai 11 Juli 2019. Dalam festival budaya ini diikuti oleh kontingen dari 11 Kabupaten/Kota se-Kalbar, 2 kontingen dari Provinsi Kalteng dan Kaltim serta 2 kontingen masyarakat Dayak dari Sabah dan Sarawak Malaysia.

Sebelum acara pembukaan telah digelar Karnaval Budaya. Selanjutnya event ini juga akan diisi dengan berbagai acara diantaranya, Pertunjukan dan Lomba, Seminar Tangkint, Tarian Dayak Kreasi, Expo Budaya dan Kuliner, serta Parade Sape’ dan eksebisi Adat Dayak.

Festival Budaya Dayak Kalbar ke-1 ini digelar dalam rangka untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan budaya dan adat istiadat serta tradisi dayak hingga ke mancanegara. Sehingga Suku Dayak dikenal oleh dunia luar. Selain itu juga untuk menarik kunjungan wisatawan ke wilayah Kalbar.

Tampak hadir dalam acara, Kapolda Kalbar, Danrem 121/Abw, Asisten II Setda Prov. Kalbar, Kadis Pendidikan Prov. Kalbar, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, Asintel Kasdam Xll/ Tpr, Kajasdam XII/Tpr, Bupati Bengkayang, Presiden MADN, Ketua DAD Kalbar, Ketua DAD Kab. Bengkayang serta Para Tokoh Adat dari lintas etnis yang ada di Bengkayang. (Maliki)