Kopassus Ajak Siswa Upacara Peringati HUT Kemerdekaan RI

HANKAM516 Dilihat

JAKARTA,channel-indonesia.com– Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).

Upacara diikuti 1800 peserta yang merupakan gabungan prajurit anggota Kopassus di wilayah Jakarta dan perwakilan siswa sekolah SD, SMP dan SMA yang berada di sekitar satuan Kopassus yaitu SD 01, SD 02, SD 03, SD 07, MIN, MTs dan SMP 103 dan SMA 39 Jakarta Timur.

Pada saat upacara peserta mengenakan pita warna merah putih dimana untuk para siswa diikat di kepala sedangkan untuk prajurit diikat di lengan tangan kanan. Menurut Danjen pemakaian pita tersehut merupakan simbul semangat patriotisme dan nasionalisme sebagaimana para pejuang ketika dahulu memperjuangkan kemersekaan.

“Pemakaian pita warna merah putih tersebut merupakan simbol semangat patriotisme dan nasionalisme sebagaimana para pejuang dahulu ketika memperjuangkan kemerdekaan”, Danjen menjelaskan.

Dalam acara tersebut juga dibacakan ikrar siswa oleh Putri Fatimah Utami perwakilan siswa dari SMA 39 Jakarta Timur dan diikuti oleh seluruh siswa peserta upacara. Dalam salah poin ikrar, para siswa menyatakan akan berusaha menjadi generasi penerus yang baik, bertanggung jawab, mampu mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

Selain para siswa ikut juga hadir dalam upacara tersebut para guru pembina dan para perwira Kopassus jajaran Jakarta beserta anggota Persit Kopassus.(Penkopassus/munir)