Danrem 121/Abw : Lahan Gambut Sulit Dipadamkan, Harus Ada Solusi Mengatasinya

HANKAM480 Dilihat

KETAPANG – Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi yang juga sebagai Wakil Komandan Satgas pengendalian Karhutla Provinsi Kalimantan Barat, mengambil apel pagi anggota Satgas Karhutla di lapangan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), Dusun Kali Baru, Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut Wakil Bupati Ketapang, Kasi Intel Korem 121/Abw, Dandim 1203/Ketapang beserta Kasdim, Kapolres Ketapang, Kepala Manggala Agni Ketapang, Kasi Kedaruratan dan logistik BPBD Kab Ketapang, Camat Matan Hilir Selatan, Dansub Pom Kab. Ketapang dan Kapolsek Muara Pawan.

Dalam apel tersebut Danrem 121/Abw menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada personel yang tergabung dalam Satgas Karhutla, bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah, berjibaku dengan kondisi dan keterbatasan. Kita sadari banyak sekali kendala yang dihadapi rekan-rekan personel Satgas karena lahan yang terbakar didominasi lahan gambut sehingga sangatlah sulit untuk dipadamkan. Untuk itu, kedepan harus ada solusi untuk mengatasinya.

Lanjutnya, kepada rekan – rekan sekalian tentunya merasa geram dengan kondisi seperti saat ini, karena terulang setiap tahunnya meskipun berbagai upaya sudah kita lakukan melalui pencegahan dengan melaksanakan sosialisasi dan edukasi. Proses pemadaman masih terus berlangsung dititik api yang ada. Sehingga membuat anggota Satgas harus segera memadamkan titik api tersebut dengan tenaga yang ekstra,” terangnya.

“Kepada seluruh anggota satgas, senantiasa berdoa kepada Tuhan, jaga kesehatan dan tetap semangat, karena alam tidak bisa kita anggap remeh. Perhatikan arah angin dan perubahan cuaca jangan sampai terkepung asap, gunakan alat pelindung masker yang ideal,” pesan Danrem 121/Abw.

“Usai kegiatan apel Danrem 121/Abw melanjutkan peninjauan titik api di Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang. (Maliki)