Danlantamal IV Hadiri Upacara Peringatan HUT  ke-17 Provinsi Kepulauan Riau

HANKAM164 Dilihat

TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menghadiri upacara peringatan Hari Jadi Ke-17 Provinsi Kepulauan Riau, bertempat di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang Kepulauan Riau, Selasa (24/9).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh PLT Gubernur Provinsi Kepri Isdianto, Sos, M.M., dimana semua perserta undangan menggunakan pakaian adat melayu yang menjadi ciri khas di tanah melayu.

Upacara diawali dengan Aubade yang dipersembahkan oleh Paduan Suara KORPRI Provinsi Kepulauan Riau, kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Gurindam 12 oleh
Teuku Rizki Putra Fidrian dari SMAN 1 Bintan Utara dan Syarifah Nazla Al Qudsi dari SMAN 4 Tanjungpinang.

Pembacaan Gurindam 12 diiringi musik Gurindam 12 Said Fakhrur Ar Rozzie Al- Qudsi dibawah binaan Dr. Darson, S.Pd., M.Si., serta terakhir pembacaan daftar penerima penghargaan dan bantuan.

Dalam amanatnya Plt Gubernur Kepri mengatakan bahwa “Kepulauan Riau merupakan Provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 25 tahun 2002, yang resmi berlaku sejak tanggal 24 September 2002”, ujarnya.
Lebih jauh dikatakan bahwa “Kepri adalah merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga”, jelasnya

Plt Gubernur Kepri juga mengatakan “Secara geografis Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan negara tetangga, yaitu Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang memiliki luas wilayah 251.810,71 km² dengan 96 persennya adalah perairan dengan 1.350 pulau besar, dan kecil, telah menunjukkan kemajuan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan”, terangnya.

Isdianto juga menambahkan “Di usia ke-17 tahun, ini merupakan usia remaja dengan semangat tinggi dalam membangun. Pemerintah senantiasa membutuhkan saran, kritik dan sebagainya yang bertujuan membangun guna mewujudkan Kepri lebih baik lagi kedepannya”, tambahnya

“Membangun Kepri tidak bisa hanya sendiri, tapi harus bersama-sama, baik pemerintah, masyarakat, pengusaha dan unsur-unsur lainnya yang punya andil masing-masing. Mari kita rajut komunikasi dengan terus bersilaturahmi untuk menggapai mimpi-mimpi Kepri”, pungkasnya.

Setelah upacara dilanjutkan acara tambahan yaitu penyerahan penghargaan dan bantuan oleh Plt Gubenur Kepri yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Sementara DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau dan FKPD Provinsi Kepulauan Riau serta foto bersama.

Seluruh rangkaian upacara peringatan Hari Jadi Ke-17 Provinsi Kepri ditutup dengan penampilan Tari Kolosal Flashmob Zapin oleh lebih dari 2000 siswa siswi SMA dan SMK se-Kota Tanjungpinang binaan Sanggar Sanggam Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagai informasi, yang menarik pada upacara peringatan Hari Jadi ke-17 Provinsi Kepri adalah, dimana petugas pengibar bendera merah putih, meggunakan pakaian adat melayu yang menjadi ciri khas di tanah Melayu.

Hadir pada acara tersebut Unsur FKPD Provinsi Kepri, Organisasi Prangkat Daerah Propinsi Kepri, Para Kepala Instansi Pertikal, Dewan Harian Daerah 45, Para Ketua Partai Politik. (Maliki)