Dandim 0201/BS Dampingi Dua Jenderal Patroli PAM Situasi Pencoblosan Pilkada 2020 Kota Medan

HANKAM130 Dilihat

MEDAN, channel-indonesia.com – Komandan Kodim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, MH, turut mendampingi dua jenderal melakukan patroli bermotor untuk pengamanan situasi pencoblosan Pilkada 2020 Kota Medan, Rabu (9/12/2020) kemarin.

Dua jenderal yang didampingi itu adalah Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, dan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.

Selain dua pimpinan tertinggi TNI-Polri di Sumut itu, sejumlah jenderal bintang satu juga ikut melakukan patroli. Mereka antara lain, Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsma TNI Erson SB Sinaga, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh AS, dan sejumlah PJU dari Kodam I/BB, Lantamal I, Kosekhanudnas III, Poldasu, Danlanud Soewondo, Danwing 3 Paskhas, Kapolrestabes Medan, serta Danyonmarhanlan I.

Kegiatan diawali Pangdam dengan berkumpul di Markas Kodim 0201/BS, Jln Pengadilan No.8 Medan.

Sekitar pukul 07.00 Wib, Pangdam dan rombongan PJU TNI bergerak menuju Satlantas Polrestabes Medan di Lapangan Merdeka untuk bergabung dengan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin dan sejumlah pejabat utama.

Selanjutnya Patroli bermotor TNI-Polri ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dipimpin Pangdam I/BB bersama Kapolda Sumut dan kelompok kedua dipimpin Kasdam I/BB.

Patroli gabungan bermotor ini menyasar sejumlah TPS yang tersebar di 21 kecamatan Kota Medan.

Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut meninjau beberapa TPS di kawasan Kantor TVRI Sumut Jln Putri Hijau, Jln Rajak di belakang Medan Mall, dan kawasan RS Pirngadi Medan.

Dalam peninjauan ini, Pangdam bersama Kapolda tidak memberikan arahan kepada KPPS yang bertugas, kecuali hanya melakukan pengecekan pelaksanaan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 yang ada di masing-masing TPS.

Hal sama juga dilakukan kelompok Kasdam I/BB saat meninjau TPS 03 di Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur, TPS 09 di Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, TPS 02 dan 03 di Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah, serta TPS 01, 02, dan 03 di Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah.

Sama seperti penegasan Pangdam pada kemarin siang saat melepas Patroli Skala Besar Gabungan TNI-Polri dari Lapangan Benteng Medan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi keyakinan agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Pangdam menjelaskan, patroli ini juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial di masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integrasi bangsa.

“Hal ini yang harus kita waspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumut, khususnya Kota Medan dan sekitarnya,” pungkas Pangdam. (Arif)