Babinsa Merauke Bantu Masyarakat Memangkur Sagu

BABINSA579 Dilihat

MERAUKE, bacaberita.id – Babinsa Kampung Domande Pos Ramil Malind Koramil 1707-05/Merauke jajaran Kodim 1707/Merauke Serda Theodorus Kanaf melaksanakan anjangsana sekaligus membantu keluarga Bapak Yusak Ndiken salah satu masyarakat Kampung Domande Distrik Malind Kabupaten Merauke dalam memangkur sagu di halaman pekarangan rumah miliknya. Rabu (21/9/2022).

Kampung Domande merupakan salah satu Kampung yang letaknya di pinggir laut dan dalam administrasi masuk wilayah Distrik Malind Kabupaten Merauke. Masyarakat yang mendiami Kampung Domande mayoritas Orang Asli Papua (OAP) dan mata pencahariannya sebagian besar adalah nelayan serta berkebun.

Dalam mengkonsumsi makanan pokok, masyarakat Kampung Domande masih banyak yang mengandalkan sagu walaupun untuk mendapatkan makanan pokok berupa beras bisa di katakan sangat mudah karena Kampung Domande bukan wilayah terpencil dan akses jalan pun lancar.

Melihat kesibukan keluarga Bapak Yusak Ndiken dalam mengolah sagu untuk dijadikan salah satu makanan pokok, Babinsa Pos Ramil Malind Koramil 1707-05/Merauke Serda Theodorus Kanaf membantunya memangkur sagu dengan harapan dapat meringankan beban keluarga Bapak Yusak Ndiken sekaligus mempercepat proses pengerjaannya.

“Kedatangan saya dirumah Bapak Yusak Ndiken dan membantunya memangkur sagu dengan tujuan dapat membantu meringankan bebannya serta mempercepat proses pengolahan sagu”. ucap Theodorus.

Dikesempatan tersebut Bapak Yusak Ndiken menjelaskan bahwa pembuatan sagu yang sedang dilakukannya dalam rangka persiapan acara Pesta Adat Suku Marind Kampung Domande yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali yaitu pada bulan September.

“Terimakasih banyak kepada Babinsa Pos Ramil Malind yang telah berkunjung kerumah saya dan membantu memangkur sagu sehingga pekerjaan kami untuk mendapatkan sagu menjadi sedikit lebih ringan”. ucap Bapak Yusak dengan wajah gembira.(Lulut)