Kasrem 091/ASN : Pramuka dapat Meningkatkan SDM dan Memberikan Sumbangsih Bagi Pembangunan Bangsa dan Negara

Berita, TNI AD43 Dilihat

SAMARINDA.bacaberita.id –  Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kaltim gelar Pelantikan pengurus Majelis Pembimbing daerah gerakan Pramuka Kalimantan Timur masa bakti 2021-2026 di Pendopo odah Etam – rumah jabatan Gubernur Kaltim di hadiri Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN). Minggu (11/9/2022).

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso melantik sekaligus tiga kepengurusan Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur masa bhakti 2021-2026, yaitu Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) yang dipimpin Gubernur Isran Noor selaku ketua, Kwartir Daerah (Kwarda) dengan ketua Hj Norbaiti dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dengan ketua Frans Kris Tiwow.

Kegiatan ini juga turut disaksikan Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar, pimpinan Kwarnas dan Andalan Nasional Gerakan Pramuka, serta Ketua Kwarcab Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran Mabida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltim masa bhakti 2021-2026 yang baru saja dilantik.

“Bagi kakak-kakak yang baru saja dilantik, mulailah perjalanan tugas roda organisasi sebaik mungkin. Marilah kita berusaha bersama mewujudkan tema besar Gerakan Pramuka 2022 yaitu Pramuka mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa,” ucap Budi Waseso saat menyampaikan sambutan.

Budi Waseso mengatakan banyak kegiatan dan pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan baik ditingkat daerah cabang, ranting sampai ke gugus depan. Dimana kegiatan tersebut diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat luas, tetapi juga sarana pendidikan bagi generasi Pramuka di Kaltim untuk menumbuhkan semangat simpati dan empati pada orang lain.

“Saya berharap agar Tri Satya sebagai salah satu kode kehormatan Pramuka dan ikrar sebagai janji seorang Pramuka dapat diimplementasikan serta diwujudkan secara nyata baik dalam gerakan Pramuka maupun dalam keseharian kita sebagai warga negara Indonesia,” katanya.

Budi Waseso berharap menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara di Bumi Kalimantan Timur, jajaran Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim dapat membangun bumi perkemahan standar nasional bahkan internasional untuk mendukung kegiatan Pramuka di Kaltim dan Indonesia.

Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kaltim mengucapkan selamat kepada pengurus Mabida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltim yang baru saja dilantik. Dirinya berharap seluruh jajaran pengurus dapat mengemban amanah dan siap melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan baik untuk kemajuan dan kejayaan Pramuka Kaltim sekarang dan dimasa depan.

.
“Kepada para mantan pengurus, saya ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini. Semoga menjadi amal ibadah dan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah Subhanahu wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa. Teruslah bekerja dan berbakti untuk Pramuka Kaltim sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ucap Isran Noor. 

Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.Ip, M.M. mengatakan momentum pelantikan ini diharapkan agar gerakan Pramuka Kalimantan Timur akan semakin maju dan aktif sehingga Gerakan Pramuka dapat membantu menggerakkan peningkatan SDM dan memberikan sumbangsih bagi pembangunan Bangsa dan Negara khususnya bagi masyarakat Kaltim.

“Selamat atas dilantiknya  Pengurus Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur Masa Bakti 2021-2026. Dengan pelantikan ini, melalui gerakan pramuka kita siap menghidupkan serta bekerja dalam upaya mendidik anak-anak bangsa dalam rangka membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Kaltim,” tuturnya.

Sumber : Penrem 091/ASN