Gladi posko I “Sampan Manuntung 22” Korem 091/ASN, Prajurit Sigap Hadapi Bencana

Berita, TNI AD716 Dilihat

SAMARINDA.acaberita.id – Kegiatan simulasi bencana banjir bertajuk Gladi posko I “Sampan Manuntung 22” Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) yang dilaksanakan selama 3 hari berakhir pada hari ini Rabu (14/9/2022), ditutup oleh Irdam VI/Mulawarman (Mlw) Brigjen TNI Bambang Idrayanto di Hall Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Samarinda Kaltim.

Dalam pelaksanaannya Latihan Posko ini, dilaksanakan dengan melibatkan unsur-unsur terkait dalam melaksanakan operasi bantuan kepada Pemprov Kaltim  dan Pemda di wilayahnya dalam rangka membantu mengatasi konflik sosial dan segala kerawanan di wilayah sehingga operasi bantuan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 “Latihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini (12 hingga 14 September 2022) merupakan uji dari hubungan Komandan dan Staf. Terimakasih kepada penyelenggara, pelaku dan pendukung latihan yang telah berupaya semaksimal mungkin sehingga latihan ini berjalan sesuai rencana,” kata Kasrem 091/ASN, Kolonel Inf Khabib Mahfud S.I.P.

Kasrem menjelaskan, skenario latihan ini dibuat sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dan kemungkinan bisa sewaktu-waktu terjadi di wilayah Korem 091/ASN. Oleh karena itu prajurit harus memiliki rasa responsif yang baik. “Prajurit harus mampu mengambil dan memutuskan cara yang terbaik untuk mengatasi persoalan yang terjadi.

Masih kata Kasrem, seorang prajurit harus profesional, harus mengerti apa tugas-tugasnya sesuai jabatan yang diemban. Uji ini memiliki tujuan untuk memberikan kemampuan prajurit dalam menganalisis setiap kejadian dan mengambil langkah-langkah yang sesuai sehingga prajurit terlatih.

“Latihan ini merupakan program yang sudah disusun oleh satuan atas, sesuai dengan pentahapan latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” tandasnya.

Sumber : Penrem 091/ASN