Danrem 091/ASN Gelar Apel Pasukan dalam rangka Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI

Berita, NASIONAL, TNI AD399 Dilihat

SAMARINDA.bacaberita.id – Komando Resor Milter (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait di Pemrov Kaltim dalam rangka kunjungan Wapres RI (Wakil Presiden) K.H. Ma’ruf Amin di sejumlah lokasi di Kaltim dengan sesuai dengan Kepres Nomor 25 Tahun 2022 tentang pokok-pokok pengamanan fisik terhadap Presiden dan Wakil Presiden dan wujud pengamanan VVIP. 

“Gelar pasukan untuk pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan Wakil Presiden RI di Kaltim, dilakukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan,” ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi SH,MH, saat memimpin apel di stadion Batakan Jl. Mulawarman, Kel. Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Prov. Kaltim, Kamis (8/9/2022).


Sejumlah hal yang dicek kesiapannya antara lain satuan tugas baik secara organisasi maupun personal, jumlah materiil yang dibutuhkan, alat dan perlengkapan, serta sarana pendukung lain yang akan digunakan dalam tugas pengamanan.

“Bapak Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin beserta lbu dan rombongan dalam rangka kegiatan yang intinya adalah membuka HAORNAS ke-39 yang jatuh setiap tanggal 9 September dan tahun ini dipusatkan di wilayah kita di Kota Balikpapan Stadion Batakan.
Pengamanan VVIP kunjungan Wakil Presiden harus disiapkan dengan baik, mulai dari kesiapan satuan tugas hingga kesiapan masing-masing Subkomandan,” ucap Danrem. 

Masing-masing satgas yang sudah ditunjuk, harus dapat mengorganisir kekuatan dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan terperinci kepada anggota, serta mampu mengendalikan selama pelaksanaan tugas.

Apel dihadiri oleh unsur pejabat TNI dan Polri wilayah Balikpapan dan sekitarnya, kemudian dari tim pendukung lain, termasuk dari Paspampres yang saat apel dilengkapi dengan kendaraan dan alat kelengkapan Pengamanan VVIP.

Danrem 091/ASN yang juga sebagai Dankogabsuspad dalam kunjungan Wakil Presiden RI ke Kaltim ini harus berjalan aman, tertib, dan lancar.

Hal ini untuk memberikan gambaran kepada Wakil Presiden RI tentang kondisi wilayah Kaltim, khususnya di Balikpapan dalam keadaan kondusif, aman, dan terkendali.

Sedangkan untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat dan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga setiap permasalahan dapat diatasi secara cepat, tepat dan tuntas. 

“Untuk itu, saya harapkan kepada Satgas Pam VVIP memahami sasaran pengamanan VVIP, yaitu Wakil Presiden RI beserta rombongan, objek kunjungan Wakil Presiden RI dan kegiatannya yang harus aman, baik sebelum, saat, maupun sesudah kunjungan,” ucap Danrem menegaskan. 

Sumber : Penrem 091/ASN