Berikut Kronologis Baku Tembak Satgas Gakkum dengan KSB di Ilaga

NASIONAL385 Dilihat

PUNCAK,channel-indonesia.com– Terjadi baku tembak antara Satgas Gakkum Gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) di Kampung Olenki, Ilaga, Kab. Puncak pada Senin (17/9/2019).

Akibat kontak senjata tersebut 3 warga Kampung Olenki, Ilaga meregang nyawa ditempat sedangkan 4 warga dilarikan ke Puskesmas Ilaga akibat luka tembak.

Ketujuh warga masyarakat tersebut terkena tembakan brutal dari kelompok KSB saat mereka lari kocar kacir ketakutan ke arah hutan pengunungan, ketika dikejar aparat.

Tersebar informasi terkait baku tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak yang beredar di pesan singkat wartawan, Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto saat dikonfirmasi oleh channel-indonesia.com melalui pesan singkatnya, Rabu (18/9/2019) menjelaskan terkait info kejadian Di Ilaga ,  memang benar ada kejadian kontak tembak kemarin Selasa 17 September 2019 sekitar pukul 17.30 di Kp. Olenki , Muara, Ilaga Kab. Puncak.

Dan, lanjutnya, sampai dengan saat ini Kodam XVII/Cen sedang mendalami/pengecekan fakta2 dilapangan.

Berikut kronologis terjadinya penembakan di Kp. Olenki, Muara, Ilaga yang tersebar  :

1. Pada tanggal 15 September 2019 Tim Gabungan menerima informasi dari Haji Aris (Koord Ojek Ilaga Muara)  bahwa *kelompok KKSB melaksanakan pemalangan jalan di Kp. Amunge, Muara dan merampas 7 motor ojek,* sementara tukang Ojek berhasil melarikan diri

2. Pada tanggal 16 September 2019 Tim Gabungan Penegakkan Hukum (Gakkum) menerima laporan dari masyarakat bahwa *kelompok KKSB melaksanan pemukulan, pemerasan kepada masyarakat yang tidak menerima kehadiran mereka di daerah Muara.* Salah satu pendeta An. Pdt Anis Labene STH juga menjadi korban. Masy setempat meminta bantuan kepada aparat untuk mengusir kelompok KKSB dr Kp Muara sama seperti di Gome Selatan.

3. Tanggal 17 September 2019 3 Tim Gakkum melaksanakan patroli menuju Kp. Olenki, Muara, dalam rangka menindaklanjuti laporan dari masyarakat.

4. Pada pukul 13.30 Tim Gabungan melihat sekelompok KKSB (10-15 orang) dengan membawa 8 pucuk campuran pucuk senjata M 16 dan AK 47 serta mereka berkumpul didepan salah satu honai di Kp. Olenki Muara.

5. Pada 171730 September 2019 Tim Gakkum terjadi kontak tembak dengan kelompok KKSB selama 30 menit. Posisi tim gabungan berjarak krg lbh 150 sd 200 m dari sasaran dan posisi senjata terbidik. Kelompok KKSB terdadak dan membalas tembakan ke segala arah karena tidak tahu keberadaan Tim Gakkum dan selanjutnya tim gabungan melaksanakan pembersihan di lokasi kontak dan sekitar kampung. Hasil dari pembersihan terdapat bercak darah dan adanya jejak melarikan diri ke arah utara serta menemukan 1 buah HP Samsung dan 2 Charger HT  di honai tsb.

Selama kontak tembak tidak ada pembakaran honai, gereja. (Berbagai sumber/Maliki)